Mari Simak Solusi Pencegahan pada Infeksi Saluran Kemih

Mari Simak Solusi Pencegahan pada Infeksi Saluran Kemih

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Anda mengalami infeksi saluran kemih, lalu bagaimana tips untuk pencegahan supaya bisa mengurangi risiko terkenanya ISK.

Baca Juga : Klinik Infeksi Saluran Kemih Jakarta Utara

Mencegah terjadinya ISK bisa melibatkan beberapa faktor atau tindakan. Seperti contoh menjaga kebersihan area vital, konsumsi makanan yang sehat, sampai memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Hal ini sangat penting karena infeksi saluran kemih bisa menimbulkan rasa sakit, ketidaknyamanan, serta dapat terjadi komplikasi yang serius apabila tidak terobati secara cepat dan tepat.

Lalu bagaimanakah langkah-langkah pencegahan yang bisa membantu mencegah terjadinya ISK hingga mengurangi risiko untuk terkena. Simak penjelasan di bawah ini.

Pemicu dan Pencegahan Infeksi Saluran Kemih.

Infeksi saluran kemih ini tidak memandang usia, semua orang dan apapun jenis kelaminnya bisa terjadi masalah ini. Akan tetapi, wanita lah yang paling banyak mengalami kondisi ini.

Kenapa wanita banyak alami ISK? Karena uretra wanita lebih pendek dari pada pria, sehingga rentan sekali untuk terinfeksi.

Dari data kementrian kesehatan 2014, ada 90-100 pasien ISK setiap 100.000 penduduk di Indonesia tiap tahunnya.

Penyebab ISK

ISK akan terjadi apabila bakteri masuk ke saluran kencing lewat uretra dan juga berkembang di kandung kemih. Bakteri ini akan bertahan dan terus menerus tumbuh, sehingga akan menyebabkan infeksi.

Pencegahan Infeksi Saluran Kemih

Berikut beberapa langkah pencegahan infeksi saluran kemih yang dapat Anda lakukan antara lain adalah:

1. Minum cukup air

Minum air yang cukup dapat membantu menjaga saluran kemih Anda tetap bersih dan mengurangi risiko infeksi saluran kemih. Di sarankan juga untuk minum setidaknya 8 gelas air per hari.

2. Buang air kecil secara teratur

Tahan untuk buang air kecil dapat menyebabkan bakteri berkembang biak di saluran kemih. Pastikan untuk buang air kecil secara teratur, terutama setelah melakukan aktivitas fisik atau hubungan seksual.

3. Membersihkan area genital dengan benar

Pastikan untuk membersihkan area genital secara menyeluruh setiap hari.

Untuk wanita, membersihkan dari depan ke belakang setelah buang air kecil atau buang air besar dapat membantu mencegah bakteri dari usus masuk ke saluran kemih.

4. Hindari pakaian ketat

Pakaian ketat, seperti celana jeans atau celana ketat lainnya, dapat menyebabkan iritasi pada area genital dan mempromosikan pertumbuhan bakteri. Gunakan pakaian yang nyaman dan longgar.

5. Urinasi setelah hubungan seksual

Buang air kecil setelah berhubungan seksual dapat membantu membilas bakteri yang mungkin masuk ke saluran kemih selama aktivitas seksual.

6. Hindari penggunaan produk iritasi

Beberapa produk, seperti pembalut, panty liner, dan produk kesehatan lainnya, dapat mengiritasi area genital dan meningkatkan risiko infeksi saluran kemih. Hindari produk yang mengiritasi area genital.

7. Jaga daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang baik dapat membantu melawan infeksi saluran kemih. Makan makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan tidur yang cukup dapat membantu menjaga daya tahan tubuh Anda.

Baca Juga : Dokter Urologi Ahli Menangani Infeksi Saluran Kemih

Periksa dan Konsultasi di Klinik Infeksi Saluran Kemih Terbaik dan Terpercaya Jakarta

Klinik untuk penyakit menular seksual dan kelamin terdekat di Jakarta yang berstandar internasional hanya ada Klinik Utama Sentosa yang memiliki alat medis yang lengkap dan canggih.

Lakukan pengobatan dengan konsultasi online secara gratis, bila Anda mempunyai masalah seputar kelamin atau penyakit menular seksual lainnya, supaya bisa diatasi dengan cepat dan tepat.

Memiliki dokter ahli penyakit kelamin dan staf medis profesional yang bisa menangani penyakit Anda secara langsung. Untuk masalah biaya pengobatan tidak perlu khawatir karena sangat terjangkau.

Klinik Utama Sentosa memiliki lokasi yang strategis, berada di daerah Jakarta, Indonesia. Dan juga sangat mengutamakan kesembuhan dan kepuasan serta sangat memprioritaskan setiap pasien.

Selain itu, terdapat fitur layanan konsultasi via WhatsApp yang dapat membantu kamu untuk berkonsultasi secara online dan gratis jika ada pertanyaan seputar penyakit kelamin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Herpes di Wajah, Inilah Penyebab dari Penyakit Ini

Faktor Risiko yang Meningkatkan Terkena Kutil Kelamin

Penyebab dan Cara Mencegah pada Epididimitis